RIZKI FIRSTA WAHYULISWARI

Berpacu menjadi yang terbaik

Mainboard, safe mode dan registry

diposting oleh rizkifirsta-fst10 pada 28 May 2012
di Umum - 1 komentar

Pada dasarnya computer memiliki system operasi yang melekat pada mainboard sehingga dapat membaca semua program-program yang telah diinstallkan kedalamnya. Mainboard ini merupakan komponen utama yang terletak pada CPU yang merupakan pusat pemrograman atau otak dari computer. Dari otak, tentunya computer memiliki komponen-komponen lain yang berbeda namun memiliki keterikatan fungsi tertentu dan bekerja dalam sebuah system yaitu Random Access Memory (RAM).


Ketika pertama kali computer dijalankan, maka secara otomatis computer akan mengaktifkan mainboard tersebut yang di dalamnya terdapat sebuah program yang tersimpan secara rapi pada BIOS (operating system) untuk menjalankan program-program yang telah terinstall. Untuk mengeksekusi aplikasi-aplikasi tersebut dibutuhkan informasi-informasi yang tersimpan di dalam registry. Semua program atau aplikasi yang telah diinstal akan tersimpan informasinya di registry tersebut, meskipun dalam kondisi sedang tidak dijalankan (run). Hal inilah yang terkadang membuat computer menjadi lambat dalam pengeksekusian program-programnya karena telah terlalu banyak dalam menyimpan informasi.

Tak jarang dalam mengoperasikan computer, kita sebagai user sering kali menemui gangguan seperti terserangnya virus dan error system. Untuk mendiagnosis jenis gangguan ini kita dapat menggunakan start windows pada safe mode. Saat kita memilih mode safe, maka secara otomatis display atau tampilan computer menjadi berkurang resolusinya. Hal ini karena safe mode akan me-load driver video standart sehingga resolusi gambar berkurang.

Start windows safe mode

1 Komentar

1. EKI FITRIENDI TUNJUNGSARI

pada : 28 June 2012

""Ketika pertama kali computer dijalankan, maka secara otomatis computer akan mengaktifkan mainboard tersebut yang di dalamnya terdapat sebuah program yang tersimpan secara rapi pada BIOS (operating system) untuk menjalankan program-program yang telah terinstall"

Ke, maksudnya program2 yang telah terinstall itu program2 yang seperti apa? apakah aplikasi2 semacam microsoft office?
setahu saya, BIOS (basic input output system itu digunakan untuk komunikasi dengan hardware. Apakah BIOS ikut "ngurusi" aplikasi-aplikasi software?
makasiih"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :