RIZKI FIRSTA WAHYULISWARI

Berpacu menjadi yang terbaik

UAS PEMROGRAMAN KOMPUTER

diposting oleh rizkifirsta-fst10 pada 29 June 2012
di Umum - 0 komentar

Atas Nama Pencipta Jagad Raya, saya Rizki Firsta Wahyuliswari mengerjakan tugas ini dengan jujur.

 


 

Soal :

1. Buat analisa bagaimana cara melakukan pengamanan komputer agar terhindar dari virus.
2. Bagaimana cara membuat PC rakitan dengan OS windows 7 bisa digunakan sebagai sistem server untuk web server dan database server
3. Bandingkan sistem android,symbian, IOS dan windows mobile.


 

Jawab :

1. Virus merupakan sebuah program yang terstruktur dengan sangat baik yang tujuanya untuk menyusup kedalam komputer/notebook melalui berbagai media seperti, flashdisk, CD/DVD dan sarana transfer data yang lain, termasuk dari internet. Keberadaan virus yang menyerang computer dapat merusak software dan hardwarenya bahkan kita pun dapat kehilangan data pada computer kita.

Untuk melakukan sistem pengamanan terhadap computer agar terhindar dari virus, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan lakukan, yaitu :

  • Install antivirus. Kita harus memiliki antivirus pada computer kita, sehingga kemungkinan untuk terserang virus menjadi sangat kecil. Antivirus ada yang gratis dan berbayar, kita disarankan menggunakan antivirus yang premium/berbayar karena kualitas defend terhadap virusnya lebih baik dan menyediakan fitur pengamanan yang lebih lengkap apabila dibandingkan dengan antivirus gratis.
  • Selalu gunakan firewall. Firewall adalah sebuah software atau bahkan bisa berupa hardware yang dirancang untuk mencegah dari aktifitas akses yang tidak terotorisasi, baik itu virus, serangan hacker, dan lain sebagainya. Dengan selalu menggunakan firewall ini, computer kita akan lebih terlindung dari akses-akses illegal tersebut.
  • Selalu scan setiap ada portable storage yang masuk ke computer. Proses scaning ini adalah untuk mendeteksi apakah portable storage (flashdisk, CD/DVD, kabel usb, dll) terkontaminsi virus. Apabila memang terdeteksi virus, lakukan delete atau deny access, sehingga computer kita tidak ikut terkontaminasi virus tersebut.
  • Update antivirus secara berkala. Dengan selalu mengupdate antivirus di computer kita, antivirus yang kita punya menjadi tidak out of date dan selalu berfungsi dengan baik dalam menghalau penyebaran virus.
  • Selain melalui portable storage, virus juga dapat menyerang melalui data-data unduhan dari internet, oleh karena itu kita pun harus selalu melakukan scan terhadap setiap data yang kita unduh dari internet.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kita dapat meminimalisir penyerangan virus ke computer kita dan computer kita selalu dalam kondisi baik bebas virus.

2. Untuk membuat web server dan database server pada PC berOS windows 7 ialah mulanya kita harus menginstall apache dan aplikasi database. Apache merupakan server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi seperti Linux, BSD, Microsoft windows serta platform lainnya. Sedangkan aplikasi database ialah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS).

Setelah menginstall apache, kita perlu melakukan setting apache web server, setelah itu kita baru dapat melakukan instalasi web, instalasi blog dan lain-lain. Kemudian computer/PC kita pun dapat digunakan sebagai web server. Sedangkan setelah mengisntall aplikasi database, computer kita telah menjadi pangkalan data dan dapat digunakan sebagai database server.

3. 

a. Android

  • Kelebihan : Merupakan sistem operasi yang fleksibel dan serbaguna. Sistemnya yang open source, memudahkan penggunanya untuk membuat, menempel bahkan mengembangkan aplikasi-aplikasi di Android. Selain itu pengguna juga bisa mengombinasikan Apps, Folder, dan Widgets satu sama lain dan mendownload interface lainnya di Android market. Info bar-nya berguna bagi pengguna, misalnya untuk mengetahui aplikasi yang sedang aktif. Browsernya tergolong cepat, termasuk saat membuka website dengan flash. Yang menarik lagi, pengguna bisa membatalkan pembelian apikasi berbayar dan mendapatkan kembali uangnya. Syaratnya, pembatalan dilakukan dalam waktu 15 menit sesudah transaksi.
  • Kelemahan :  Pada gadget Android masih sering ditemukan aplikasi ‘sampah’ atau kurang berguna.

 b. Symbian

  • Kelebihan :  Inovasi-inovasi baru telah diberikan pada gadget beroperating system symbian saat ini seperti lebih finger friendly dan responsive ketika diberi input data. Beberapa fasilitas baru dihadirkan pada sistem symbian 3, seperti Web TV, Real multitasking, multiple Homescreen, dan USB OTG (USB On The Go). USB OTG menyediakan fasilitas bagi pengguna smartphone berbasis symbian 3 untuk mengakses langsung file-file yang tersimpan di dalam hard disk eksternal USB , USB Flash Drive(UFD), atau smartphone lainnya.
  • Kelemahan : Pada gadget symbian, performa browser maupun keyboard layar sentuhnyahanya kelas standart. Navigasi-navigasi menunya juga kurang praktis dan terkadang sulit untuk dipahami.

 c. iOS

  • Kelebihan: iOS unggul karena terkenal userfirendly atau mudah penggunaannya. Gadget berOS iOS kini semakin mendukung dalam kegiatan sinkronisasi data, backup data dan pencarian aplikasi di App Store. App Store merupakan pencarian aplikasi yang saat ini masih sebagai yang terbesar dibanding pencarian aplikasi bagi OS lain-lainnya. Pengelompokan aplikasi dalam satu folder juga memudahkan pengelolaan ataupun penggunaan gadget bagi user iOS. iOS hanya dimiliki oleh Apple saja, sehingga user iOS akan merasa ekslusif dengan kepemilikan gadget iOSnya.
  • Kelemahan: Pengguna iOS masih mengalami hambatan dalam penggantian aplikasi standart dan mengelola data-datanya. Pengguna juga tidak dapat seenaknya menyemaketkan data pada satu folder. Interkoneksi untuk aplikasi iTunes juga kurang, sehingga pengguna masih tidak bisa melakukan kirim-terima data dengan mudah melalui iTunes. Selain itu, harga gadget iOS juga terkenal selangit dan merogoh kantong.

 d. Windows Phone

  • Kelebihan : Windows Phone 7 memili interface yang berbeda dibandingkan dengan interface smartphone lainnya. Diferensiasi produk sengaja ditempuh Microsoft agar  smartphone mereka berada “diluar” pesaingnya. Interface-nya terdiri atas dua bagian, yaitu sejumlah kotak yang disebut hub dan bagian kedua untuk Tools dan Options. Melalui account Windows Live tersedia layanan mail, contact, calender. Pengguna juga bisa mengakses layanan toko online-nya (Marketplace) dan fasilitas keamanan gratis. Melalui browser dan GPS, pengguna bisa menemukan lokasi, memblokirdan me-reset smartphone. Jadi, windows phone ini lebih mengarah ke penggunaan office dalam sebuah smartphone.
  • Kelemahan: Karena Windows Phone masih tergolong pendatang baru, semua potensi platform pada mobile ini belumlah optimal, misalnya aplikasi pihak ketiga(third party) tidak boleh aktif dilatar belakang, tidak ada folder, akses file multimedia harus melalui Zune, dan data Office harus disimpan dilayanan online SkyDrive.

 

sumber :

http://tipskomputerpc.blogspot.com/2012/02/cara-mencegah-terhindar-dari-virus.html
http://chip.co.id/news/read/2011/04/14/554424/Perbandingan.Android.2.2,.Windows.Phone.7,.Symbian.3,.iOS.4.dan.BlackBerry.6
http://bblogger.web.id/keistimewaan-mobile-os/
http://krisnaiyan26.blogspot.com/2009/05/apache-web-server-apache-adalah-server.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :